BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan rute
tranportasi melalui sungai,danau,kali,jalan raya,jalan kereta api dan lain-lain.
Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang
berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya
rintanganrintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan
pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
Konstruksi jembatan dapat dilakukan dengan menggunakan material
baja, beton,dan kayu. Sedangkan konstruksi jembatan dengan material baja
dapat dapat dilakukan dengan beberapa jenis, yaitu: jembatan gelagar
sederhana, jembatan berdinding penuh(plate girder bridge), jembatan
komposit, jembatan box girder, jembatan rangka, jembatan balok rangka lengkung,
jembatan rangka overhang, jembatan gantung, dan jembatan kabel-kabel kaku.
Secara umum, jembatan rangka baja dinilai lebih menguntungkan
apabiladibandingkan dengan jembatan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan batang-
batang rangka baja tersebut hanya menerima gaya aksial tekan atau tarik
saja.
Baja adalah logam paduan antara besi (Fe) sebagai unsure dasr dan
karbon (C) sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar
antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Baja juga mempunyai
unsure-unsur lain sebagai pemadu yang dapat mempengaruhi sifat baja.
Konstruksi
rangka baja adalah suatu konstruksi yang dibuat dari susunan batang-batang baja
yang membentuk kumpulan segitiga, dimana setriap pertemuan beberapa batang
disambung pada alat pertemuan/simpul dengan menggunakan alat penyambung
(bout,paku keeling dan las lumer).
Jembatan
Rangka Batang terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan
balok-balok melintang dan pengaku lateral. Rangka batang pada umumnya dipakai
sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki
kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif
ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit
bagian demi bagian.
Jembatan
rangka batang jarang terlihat memiliki estetika yang baik, namun untuk jembatan
rangka yang panjang dan besar faktor itu tidak begitu kentara karena pengaruh
visual dalam skala besar. Contoh terkenal dari jembatan rangka batang baja yang
artistik adalah jembatan Sydney Harbour di Australia dan jembatan New River
George di West Virginia (USA), dimana keduanya merupakan jembatan rangka batang
yang berbentuk pelengkung.
Dalam
laporan ini kami menulis tentang komponen-komponen dari jembatan
rangka baja serta fungsi dari masing-masing komponen tersebut. Laporan ini
merupakan hasil pengamatan langsung di lapangan.
2.1
TUJUAN
v Mengetahui komponen-komponen dari jembatan rangka baja serta fungsi
dari masing-masing komponen.
v Mengetahui gambaran umun dari jembatan
v Mengetahui tahap perencanaan dari jembatan
v Dan lain-lain sebagainya.
mantap
ReplyDelete