Tuesday, 31 January 2017

Makalah tentang jembatan rangka baja



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan rute tranportasi melalui sungai,danau,kali,jalan raya,jalan kereta api dan lain-lain. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintanganrintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang  melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
Konstruksi jembatan dapat dilakukan dengan menggunakan material baja, beton,dan kayu. Sedangkan konstruksi jembatan dengan material baja dapat dapat dilakukan dengan beberapa jenis, yaitu: jembatan gelagar sederhana, jembatan berdinding penuh(plate girder bridge), jembatan komposit, jembatan box girder, jembatan rangka, jembatan balok rangka lengkung, jembatan rangka overhang, jembatan gantung, dan jembatan kabel-kabel kaku. Secara umum, jembatan rangka baja dinilai lebih menguntungkan apabiladibandingkan dengan jembatan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan batang- batang rangka baja tersebut hanya menerima gaya aksial tekan atau tarik saja.
Baja adalah logam paduan antara besi (Fe) sebagai unsure dasr dan karbon (C) sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Baja juga mempunyai unsure-unsur lain sebagai pemadu yang dapat mempengaruhi sifat baja.
Konstruksi rangka baja adalah suatu konstruksi yang dibuat dari susunan batang-batang baja yang membentuk kumpulan segitiga, dimana setriap pertemuan beberapa batang disambung pada alat pertemuan/simpul dengan menggunakan alat penyambung (bout,paku keeling dan las lumer).
Jembatan Rangka Batang terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan balok-balok melintang dan pengaku lateral. Rangka batang pada umumnya dipakai sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian.
Jembatan rangka batang jarang terlihat memiliki estetika yang baik, namun untuk jembatan rangka yang panjang dan besar faktor itu tidak begitu kentara karena pengaruh visual dalam skala besar. Contoh terkenal dari jembatan rangka batang baja yang artistik adalah jembatan Sydney Harbour di Australia dan jembatan New River George di West Virginia (USA), dimana keduanya merupakan jembatan rangka batang yang berbentuk pelengkung.
Dalam laporan ini kami menulis tentang komponen-komponen dari jembatan rangka baja serta fungsi dari masing-masing komponen tersebut. Laporan ini merupakan hasil pengamatan langsung di lapangan.
2.1 TUJUAN
v  Mengetahui komponen-komponen dari jembatan rangka baja serta fungsi dari masing-masing komponen.
v  Mengetahui gambaran umun dari jembatan
v  Mengetahui tahap perencanaan dari jembatan
v  Dan lain-lain sebagainya. 

1 comment: